Ayam KUB

Ayam KUB adalah Ayam Kampung Unggul Badan Litbang Pertanian (Ayam KUB) merupakan ayam kampung hasil seleksi genetik sehingga memiliki keunggulan, diantaranya, adalah mampu bertelur hingga mencapai 160-180 butir/ekor/tahun, masa mengeram berkurang hingga tinggal 10% sehingga ayam cepat bertelur kembali.



Ayam KUB yang dipelihara di BPTP Yogyakarta menunjukkan kemampuan bertumbuh lebih cepat dengan daya tahan dan adaptase yang lebih tinggi dibanding ayam kampung sudah persilangan (super). Day Old Chick (DOC) ayam KUB dengan bobot antara 25–30 gr/ekor yang dalam 2 hari pemeliharaan menggunakan pakan starter bobot ayam dapat meningkat menjadi 50 gr/ ekor.

Bobot ayam KUB yang dipelihara selama 68 hari dapat mencapai 849 gr/ ekor dengan tingkat kematian (mortalitas) 2,25%, sedangkan pada ayam super bobotnya hanya mencapai 750 gr/ekor dengan tingkat kematian 5-7,5%.

Parent Stock (PS) ayam KUB yang dipelihara dengan menerapkan program kesehatan dan sistim pemeliharaan secara intensif disertai pengaturan pemberian pakan menggunakan formula campuran konsentrat, jagung dan bekatul sampai umur 8 minggu menunjukkan bobot badan 850 gr/ekor untuk betina dan 1.000 gr/ekor untuk jantan.



Bobot ayam KUB yang dipersyaratkan adalah 1.400 gr /ekor untuk induk dan 1.600 gr/ekor untuk ayam jantan, sehingga diperlukan pengaturan pemberian pakan dengan kandungan protein dan energi yang sesuai rekomendasi.

Ayam KUB mulai diperkenalkan BPTP Yogyakarta kepada peternak pada tahun 2013 dan telah dikembangkan oleh kelompok ternak Sawung Maju Dusun Karongan, Desa Jogotirto, Kecamatan Berbah, Kabupaten Sleman.

Sumber : http://yogya.litbang.pertanian.go.id/ind/index.php?option=com_content&view=article&id=969:ayam-kub&catid=14:alsin

0 Response to "Ayam KUB "

Posting Komentar

wdcfawqafwef